Sabtu, 04 November 2017

Fungsi Batu Kerikil Di Rel Kereta Api

Apa yang pertama kali terbesit dalam benak kalian ketika disebutkan kata “kereta api” disebutkan? Pasti jawabannya beraneka ragam, ada yang terbesit transportasi, penumpang, mudik, masinis, bunyi tut tut tut, bahkan sampai pada rel. Nah jika diperhatikan secara seksama mengenai rel kereta api, maka pasti kalian akan melihat yang namanya rel dipenuhi dengan batu kerikil. Lalu muncul lah pertanyaan, mengapa selalu ada batu kerikil disetiap lintasan kereta api? Kenapa batu kerikil tersebut tidak pernah dibersihkan? Kenapa harus batu kerikil yang ditaruh dilintasan kereta api? Kenapa dan kenapa pertanyaan muncul ketika batu kerikil lebih di amati dilintasan kereta api. Baik berikut ini adalah penjelasan mengapa batu kerikil wajib ada di lintasan kereta api.


Bantalan Pemberat
Dalam hal ini yang dimaksud bantalan pemberat rel kereta api, adalah batu kerikil dapat berfungsi sebagai alat pemberat. Tentunya fungsi ini bermaksud agar rel tetap stabil, dengan begitu kereta api yang berjalan diatasnya pun dapat berjalan dengan baik dan stabil pula.

Menyerap Getaran
Saat kereta api lewat, pastilah menghasilkan getaran atau goncangan yang cukup keras yang merupakan hasil dari kesecapatan laju kereta api tersebut. Akan tetapi, goncangan yang dihasilkan kereta api tersebut dapat berkurang karena adanya batu-batu kerikil di bawahnya. Sehingga berkat batu-batu kerikil tersebut, rel kereta api pun dapat awet dan tahan lama.

Memperlancar Aliran Air Saat Hujan
Saat musim penghujan tiba, sering kali menimbulkan genangan air hujan dimana pun itu, seperti halnya di dalam rel kereta api. Akan tetapi, karena di dalam rel kereta api penuh dengan batu-batu kerikil, sehingga tidak akan ada genang air yang dihasilkan dari air hujan di dalam rel tersebut.

Menghindari Pengikisan Tanah Maupun Erosi
Dengan lancarnya aliran air saat hujan turun akibat adanya batu-batu kerikil di dalam rel kereta api, sehingga dengan adanya batu kerikil tersebut juga dapat menghindarkan terjadinya pengikisan tanah maupun erosi di sekitar rel kereta api tersebut.

Menghambat Tumbuhnya Rumput Liar
Rumput liar biasanya tumbuh dimana pun dan kapan pun, di tempat yang memiliki unsur tanah yang subur. Dengan adanya batu-batu kerikil akan menghambat tumbuhnya rumput-rumput liar, sehingga perjalanan kereta api pun tidak akan terganggu akibat tumbuhnya rumput-rumput liar di sekitar rel kereta api.


Wah, ternyata keberadaan batu kerikil bagi kelancaran transportasi kereta api sangat diperlukan. Nanti jika ada waktu luang naik kereta api, batu kerikilnya jangan dibuang yaaa.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2013 kusuridonya. All rights resevered. Powered By Blogger