Sabtu, 04 November 2017

Tips Dalam Memberi Nama Bayi

Bayi yang baru lahir biasanya membawa kebahagiaan yang begitu besar bagi orang tua, keluarga, serta sekitarnya. Tapi tidak semuanya berjalan lancar bagi bayi yang baru lahir. Terkadang kegelisahan bahkan kebingungan sering melanda orang tua dalam menamai anak kesayangannya tersebut. Terlalu fokus untuk memberikan nama terbaik akan membuat orang tua mencari banyak referensi. Terlalu banyak referensi mengakibatkan kebingungan tersendiri bagi mereka. Hal ini dikarenakan sebuah nama nantinya akan menjadi doa baik untuk sepanjang hayat bayi dalam mengarungi hidupnya kelak. Berikut adalah beberapa tips dalam memberi nama bagi bayi yang baru lahir.

Hindari nama unisex

Nama unisex artinya sebuah nama yang bisa dipakai semua gender. Misalnya adalah nama Dwi, Dian, Anjar, Chandra, Tri dan lain sebagainya. Menghindari nama unisex berfungsi dikemudian hari dimana ketika dewasa beberapa orang akan bingung menentukan apakah ini ibu atau bapak ketika disebut. Namun pemberian nama unisex sah-sah saja jika di gabungkan dengan nama lain agar tidak berdiri sendiri, misalnya Chandra Hartono, Dwi Kurniawan dan lain sebagainya.
Mencari  karakter nama dari sebuah cerita
Pernahkah mendengar anak yang baru lahir diberi nama Firaun? Tentu tidak. Karena pemberian nama adalah sebuah usaha agar nanti dikehidupan anak nanti akan menjadi baik seperti nama yang diberikan kepada sang anak. Misalnya berikan nama Obama yakni seorang revolusioner dunia.

Behati-hati dengan Inisial

Di era modern sekarang sebuah inisial akan banyak dijumpai untuk memberikan sebutan mudah bagi sebuah nama. Misalnya Andra Julian Winarno akan terdengar bangus dan manis jika disingkat dengan inisial. Bayangkan jika nama Tri Angga Indra, terlihat dan terdengar bagus namun akan menghasilkan konotasi negatif jika di inisialkan.
Jangan terlalu ekstrim dengan nama ras tertentu
Jika seorang anak dari daerah Indonesia timur lahir dan diberikan nama Cen Cen Xiao, sah-sah saja namun lebih baik difikirkan matang-matang terlebih dahulu bagaimana nantinya dikesehariannya kelak

Jumlah suku kata 

Kebanyakan orang tua dijaman sekarang menamai buah hatinya dengan nama gabungan-gabungan nama baik, namun terkadang lupa akan terlalu panjang sebuah nama akan menyulitkan anak dikemudian hari. Pengalaman penulis sendiri terjadi ketika memiliki teman sperjuangan yang memiliki nama 5 suku kata, Ketika ujian nasional hampir 20% waktunya habis hanya untuk menulis nama dikolom ujian nasional.

Yakin

Tips terakhir adalah langkah terakhir dalam member sebuah nama kepada bayi yang baru lahir. Terkadang terlalu banyak saran, referensi, dan masukan membuat kebingungan yang tersendiri. Begitu sudah menemukan kata yang dirasa pas dan difikirkan masak-masak, maka yakin adalah eksekusi terakhir dalam proses pemberian sebuah nama.

Demikianlah sedikit tips dalam pemberian nama bayi yang baru lahir. Soal nama-nama contoh yang telah disebutkan diatas, tidak ada unsur kesengajaan untuk menghina perorangan ataupaun kelompok tertentu. Salam sejahtera.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2013 kusuridonya. All rights resevered. Powered By Blogger