Selasa, 09 Januari 2018

6 Tips Memilih Jendela Pada Rumah


Jendela merupakan bagian dari rumah yang berfungsi sebagai jalan keluar masuknya udara agar rumah terasa segar dan sejuk. Rumah yang sirkulasi udaranya terganggu biasanya akan terasa pengap dan membuat penghuninya tidak menjadi nyaman mendiaminya. Karena rumah merupakan tempat memulai dan mengakhiri hari, maka sangat amat dibutuhkan situasi agar rumah tetap terasa nyaman. Kesalahan dalam memilih jendela bagi rumahnya tentunya akan berdampak buruk bagi penghuninya. Nah berikut adalah beberapa tips dalam memilih jendela rumah.

1. Gunakan gaya jendela yang merefleksikan rumah
Masing-masing rumah memiliki gaya desain arsitekturalnya yang membuatnya berbeda dari yang lain. Untuk memilih jendela hendaknya sesuaikan dari rumah itu sendiri. Jika rumah tersebut memiliki konsep modern dan kontemporer, jendela kaca yng lebih tinggi sangat dinjurkan. Sebaliknya, jika konsep rumah anda adalah rumah bergaya tradisional, maka jendela dengan tiang jendela berbentuk berlian yang dianjurkan.

2. Tentukan fungsi dari jendela tersebut
Secara garis besar, fungsi dari jendela adalah tempat untuk keluar masuknya udara serta cahaya. Kegagalan dalam memilih jendela yang tepat di rumah bisa mengakibatkan rumah menjadi pengap dan gelap. Seiring perkembangan jaman, jendela pun bisa pula dipunsikan sebagai pintu. Nah karena itulah, penting untuk menentukan apa fungsi dari jendela itu sendiri.

3. Percantik jendela dengan variasi bingkai dan warna
Pada umumnya, jendela hanyalah suatu barang yang dilapisi kaca dan berbentuk persegi panjang. Tapi tahukah anda, bahwa jendela bisa menjadi cantik jika dikombinsikan dengan bingkai kayu atau besi. Selain itu, mengecat bingkai yang ada pada jendela juga akan mempersedap dari tampilan jendela itu sendiri. Ingat, jangan diwarnai telalu ramai, karena justru akan merusak segi estetika dari rumah secara keseluruhan.

4. Jadikan jendela rumah sebagai titik fokus interior anda
Rumah yang baik secara visual adalah rumah yang banyak dikelilingi tumbuhan hijau serta ada bagian interior rumah yang terlihat, namun tidak terekspos jelas. Nah untuk memenuhi criteria tersebut hendaknya penempatan jendela itu bisa menggambarkan bagian dalam rumah, namun tidak terlihat jelas. Sekilas namun membuat penasaran.

5. Hiasi jendela dengan tirai
Fungsi tirai secara umum adalah untuk menghalangi pandangan lansung dari luar kedalam rumah, selain itu, tirai juga memiliki fungsi mempercantik tampilan jendela pada rumah. Sesuaikan jenis tirai dengan konsep rumah itu sendiri. Jangan padukan tirai motif kerajaan dengan rumah minimalis misalnya.

6. Pastikan arah sinar matahari sebelum memasang jendela
Rumah dengan jendela yang berhadapan langsung dengan arah sinar matahari akan membuat suhu ruangan menjadi terlalu panas. Ada baiknya, carilah sisi rumah yang tidak berhadapan secara langsung dengan sinar matahari. Tujuan dari hal tersebut adalah untuk menjaga kualitas rumah agar tetap sejuk dan nyaman bagi penghuninya.


Demikianlah beberapa tips dalam memilih jendela pada rumah. Utamakan konsep rumah, misalnya konsep dari rumah itu adalah minimalis, maka usahakan agar jendela berbentuk minimalis jugalah yang terpasang disana dan begitu juga dengan rumah tradisional atau rumah konsep lainnya.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2013 kusuridonya. All rights resevered. Powered By Blogger