Kamis, 04 Januari 2018

Masih Mau Mandi Pakai Sabun?

Segala sesuatu yang telah diciptakan pasti memiliki fungsi termasuk sabun. Ya, sabun secara garis besar memiliki fungsi untuk membunuh kuman-kuman yang menempel pada tubuh. Tapi, tahu kah kalian bahwa membunuh kuman juga bisa menimbulkan dampak buruk? Beberapa dari dampak buruknya adalah terganggunya  pencernaan, kesehatan kulit, dan daya tahan tubuh.

Permasalahan sebetulnya muncul dari pola hidup manusia yang terlalu bersih.  Mengapa hidup terlalu bersih malah menjadi masalah? Kuman dan bakteri secara umum dikategorikan dalam dua, yakni baik dan buruk. Mereka perlu berhubungan dengan debu dan kotoran agar mereka bisa menyaring mana kuman atau bakteri baik dan mana kuman atau bakteri buruk.

Sabun anti bakteri baik jika digunakan ketika seseorang benar – benar dalam keadaan kotor semisal becek kena lumpur atau sehabis berenang dikubangan air. Sabun yang baik sebetulnya adalah sabun yang lembut dengan bahan organik. Dengan menggunakan sabun anti bakteri tiap hari, maka semakin banyak bakteri baik yang akan mati. Gunakanlah sabun anti bakteri secukupnya saja. Air saja sebenarnya sudah cukup untuk menghilangkan kotoran jahat pada tubuh. bagian tubuh tubuh yang aman dikasi sabun anti bakteri adalah ketiak dan selangkangan.Debu dan kotoran tidak menyebabkan anda sakit, tetapi membunuh kuman-kuman baik dikulitlah yang bisa mengakibatkan daya tahan tubuh berkurang.

Ada beberapa hal yang biasa dilakukan manusia, namun sebetulnya itu tidak perlu. Misalnya menggunakan cairan hand-sanitizer. Cairan tersebut bagus digunakan untuk beberapa kasus, semisal anda baru saja pulang dari daerah yang terkena wabah penyakit atau bahkan habis membersihkan sampah. Selebihnya cairan tersebut tidak seharusnya digunakan. Penggunaan cairan tersebut akan membunuh kuman-kuman dan bakteri baik yang ada ditangan. Faktanya, bakteri baik ditangan itu tidak mengakibatkan peradangan dan infeksi serius.


Lalu bagaimana cara hidup seimbang, dalam artian tidak terlalu bersih dan tidak terlalu kotor? Yup, mulai dari hari ini cukuplah untuk mandi dengan air saja. Air merupakan zat yang bisa mengankat kotoran dan bakteri jahat dari tubuh. jika ingin menggunakan sabun, maka cukup di bagian tertentu saja semisal di ketiak dan selangkangan. Menghabiskan waktu di daerah perkebunan atau persawahan juga bisa meningkatkan peluang hidupnya kuman dan bakteri baik ditubuh. Banyak mengkonsumsi hasil alam yang berasal dari tanah juga dapat meningkatkan tumbuhnya bakteri dan kuman baik di tubuh. Dan terakhir adalah, tanamkan bahwa kuman dan bakteri itu tidak selalu jahat, karena sebagian dari mereka juga baik. 

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2013 kusuridonya. All rights resevered. Powered By Blogger